Mengapa Babi Suka Berkubang Lumpur?

 

muddy pig
Seekor babi suka sekali berkubang di lumpur di segala situasi. Ternyata, hal itu ada sebabnya. 
Seperti dikutip dari situs LiveScience, peneliti dari Wageningen University Marc Bracke, meneliti 66 paper penelitian yang mengulas kebiasaan babi melumpur, serta binatang lain yang suka berkubang.
Ternyata, motivasi terkuat kenapa babi suka berkubang di lumpur adalah untuk pengaturan suhu tubuh. Menurut Bracke, babi memiliki sedikit kelenjar keringat, banyak lemak tubuh, dan tubuh yang menyimpan panas.

Dengan berkubang di lumpur, babi bisa menurunkan temperatur tubuh babi hingga 2 derajat celcius. Berarti, berkubang di lumpur lebih efisien daripada memiliki lebih banyak kelenjar keringat, atau berendam di air dingin.

Tapi, walaupun cuaca dingin, babi tetap akan berkubang di lumpur, karena ini tak sekadar masalah pengaturan temperatur tubuh.

Beberapa babi mandi lumpur untuk mengikis parasit-parasit yang menempel di tubuhnya, seperti kutu. Babi juga melakukan hal itu untuk menandai wilayah mereka.

Namun, Bracke mewanti-wanti, bahwa kebutuhan babi untuk berkubang lumpur tidak bisa digantikan dengan menyediakan suhu yang dingin menggunakan pendingin ruangan, serta obat-obat kulit anti parasit.

Sumber

Leave a Reply