Perkembangan industri di seluruh dunia terus melaju seiring pertumbuhan ekonomi dan budaya manusia. Seiring dengan perkembangan tersebut, persaingan pun semakin ketat.
Walhasil, pelaku industri pun mengalami pasang surut dalam menggenggam pangsa pasar. Namun, bagi mereka satu hal yang jauh lebih penting adalah keberadaan merek mereka di benak konsumen. Pasalnya, merek merupakan aset tertinggi dari sebuah perusahaan.
Berkaitan dengan hal itu, lembaga konsultan Millward Brown BrandZ, kembali menggelar survei tahunan the 2011 Top 100 Most Valuable Brand. Hasilnya, ada 100 merek yang paling bernilai tinggi di planet bumi, dan dari jumlah itu terdapat 100 merek mobil paling bernilai tinggi.
Seperti dilansir thecarconnection.com, Selasa, 10 Mei 2011, terdapat 10 merek mobil yang memiliki nilai tertinggi di planet bumi ini. Menariknya, dari 10 merek itu, Toyota berada di urutan teratas.
Keberadaan merek asal Jepang itu tidaklah mengagetkan. Pasalnya, meski beberapa waktu lalu Toyota secara bertubi-tubi diterpa isu penarikan produk, mereka melakukan tindakan cepat perbaikan.
“Sehingga, Toyota menjadi merek yang sangat dipercaya. Perusahaan itu selalu bangkit bertindak secara bertanggung jawab. Ini menunjukkan ketahanan dari merek itu,” papar Peter Walshe, Direktur Millward Brown BrandZ, kepada Automotive News Europe, Senin, kemarin.
Sebelumnya produsen mobil terbesar sejagat itu telah mengukir sejarah dengan menjadi merek terbaik selama tiga musim survei yaitu dari 2006 – 2009. Hanya, di tahun 2010 posisi tergeser oleh BMW.
Adapun pada tahun ini, posisi BMW melorot kembali di urutan kedua. Merek asal Jerman itu, kini berada di urutan 30 dari 100 merek paling bernilai tinggi di dunia.
Berikut hasil survei selengkapnya :
No. Merek Nilai (US$ miliar)
1. Toyota 24,2
2. BMW 22,4
3. Mercedes 15,3
4. Honda 14,2
5. Porsche 12,4
6. Nissan 10,1
7. VW 7,44
8. Ford 7,4
9. Audi 3,8
10. Lexus 3,7
Sumber