Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

 

http://images.detik.com/content/2011/03/26/1135/baubadan.jpg 
Dari mana bau badan berasal? Pertanyaan ini kerap menimbulkan banyak perdebatan yang membahas kenapa bau badan seseorang bisa cukup menyengat, sementara pada orang lain tidak terlalu berbau.

Dikutip dari hoswtuffworks, bau badan disebabkan bakteri pada kulit yang 'mengolah' gula dan protein dalam keringat. Jadi, bau badan berkaitan erat dengan sesuatu yang kita makan, dan, mungkin saja, makanan favorit Anda jadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap.

1. Bawang
Bawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah, karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.

2. Kunyit
Kunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh kita melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tapi juga bau mulut tak sedap.

3. Daging Merah
Selain bumbu masakan, daging merah ternyata juga berkontribusi menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma badan lebih enak, menarik dan lebih sedikit menimbulkan bau tak sedap dibandingkan mereka yang banyak mengonsumsi daging.

4. Makanan Pedas
Satu lagi yang dianggap sebagai penyebab bau badan adalah makanan pedas. Sebenarnya, makanan pedas tidak mempunyai aroma spesifik yang menimbulkan bau tak sedap. Tapi, makanan pedas meningkatkan suhu tubuh sehingga produksi keringat bertambah banyak. Semakin banyak keringat di kulit, maka bakteri akan semakin betah berlama-lama di sana. Saat bakteri bercampur dengan keringat, bau badan pun akan semakin menyengat.

Beberapa bahan makanan lain yang berpotensi menimbulkan bau badan di antaranya 'blue cheese', makanan hasil fermentasi (asinan, tape, acar, dsb.), kol dan cuka.

Anda tidak perlu menghindari semua bahan makanan tersebut agar terhindar dari bau badan. Cukup imbangi asupan makanan dengan banyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan. Mandi dua kali sehari dan mengenakan deodoran juga bisa mencegah aroma yang kurang sedap.

Sumber

Leave a Reply