Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini jumlah pengguna situs
jejaring sosial Facebook melewati angka 500 juta, demikian rilis terbaru
perusahaan pengelola jejaring sosial ini. Situs yang diluncurkan
tahun 2004 ini membukukan 100 juta pengguna baru dalam enam bulan
terakhir. Facebook mengatakan angka tersebut merupakan tonggak penting
dan menambahkan mereka merasa beruntung dan terinspirasi oleh berbagai
cerita penggunanya.
Stuart Miles dari blog teknologi Pocket Lint mengatakan sukses Facebook karena adanya omongan mulut ke mulut. Bola salju
”Begitu banyak orang menggunakan internet dan begitu banyak yang ingin berbagi dengan teman, seperti bola salju saja,” katanya kepada BBC.
”Mulanya kecil, kemudian menggumpal, tambah besar. Tiba-tiba saja
bukan hanya teman sekitar Anda yang ikut tetapi banyak orang, semuanya
berkhotbah pentingnya ikut Facebook.” ”Tonggak berikutnya, kemungkinan
750 juta tidak akan memakan waktu lebih lama karena penyebarannya lebih
besar, seperti bola salju tadi.”
Mark Zuckerberg pendiri situs ini sebelumnya mengatakan hampir dipastikan Facebook akan mencatat pengguna yang ke satu miliar.
Namun demikian situs ini bukannya tanpa masalah. Belum lama ini mereka mendapat masalah setelah berulangkali mengubah setting privasinya dan ribuan orang mengancam akan memboikotnya pada bulan Mei 2010. Namun demikian seorang blogger berpengaruh Robert Scoble mengatakan walau dilanda kontroversi kebanyakan orang tidak terpengaruh. ”Memang tak banyak orang berharap dengan kerahasian hal yang sifatnya privasi,” katanya. ”Privasi tidak sejalan dengan orang kebanyakan.”
Namun demikian situs ini bukannya tanpa masalah. Belum lama ini mereka mendapat masalah setelah berulangkali mengubah setting privasinya dan ribuan orang mengancam akan memboikotnya pada bulan Mei 2010. Namun demikian seorang blogger berpengaruh Robert Scoble mengatakan walau dilanda kontroversi kebanyakan orang tidak terpengaruh. ”Memang tak banyak orang berharap dengan kerahasian hal yang sifatnya privasi,” katanya. ”Privasi tidak sejalan dengan orang kebanyakan.”
Pesaing
Sementara Facebook terus berkembang, banyak pesaingnya memudar atau
malah hilang sama sekali. MySpace yang dimiliki oleh News Corp pada
suatu ketika pernah mendominasi situs jejaring sosial untuk anak-anak.
Namun Facebook melewati jumlah pengguna mereka tahun 2008. MySpace kini
memiliki sekitar 65 juta pengguna aktif.
”MySpace ditujukan untuk anak-anak dan mereka ini memiliki akses
terbatas ke komputer,” kata Miles. Pesaing lain, Bebo, juga mengalami
persoalan. Pada bulan Juni, AOL sebagai pemiliknya menjual situs
jejaring sosial itu hanya dua tahun setelah membelinya dengan harga US$
850 juta.
AOL mengatakan tidak cukup mampu menyediakan dana untuk bersaing
dengan pesaing-pesaingnya. Satu-satunya situs jejaring sosial yang bisa
berkembang adalah Twitter. Pengukuran trafik Twitter sulit karena
penggunanya jarang berinteraksi lewat situs penyedia layanan itu. Mereka
lebih banyak menggunakan perangkat lunak komputer ataupun telepon
seluler.
Namun demikian diperkirakan saat ini hampir 200 juta orang menggunakan Twitter.
http://ruanghati.com/2010/07/22/jumlah-facebooker-kini-tembus-hingga-12-miliar-pengguna/
Namun demikian diperkirakan saat ini hampir 200 juta orang menggunakan Twitter.
http://ruanghati.com/2010/07/22/jumlah-facebooker-kini-tembus-hingga-12-miliar-pengguna/