Tak Punya Laptop, Siswa Tak Mampu Ditolak SMPN 2

 

Bandung - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Jalan Sumatera Bandung diduga menolak siswa pendaftar dari jalur tidak mampu.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1611382.jpg
Penolakan tersebut dilontarkan salah satu guru di sekolah bertitel Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SBI tersebut terhadap seorang siswa pendaftar jalur tidak mampu, Muhamad Rizky Firdaus (12) yang berasal dari SD Pardomuan Bandung.

Ibu Rizky, Teti Rosniawati menuturkan, penolakan terjadi saat ia hendak mendaftarkan anak keduanya Muhamad Rizky Firdaus melalui jalur tidak mampu ke SMPN 2 Bandung. Selain menuruti keinginan sang anak untuk melanjutkan sekolah ke SMP Negeri 2 Bandung, alasannya mendaftar karena SMP Negeri 2 Bandung berada tidak jauh dari rumah tinggalnya di Jalan Baranangsiang.

"Saat mendaftar pada Senin (13/6/2011) lalu saya diterima oleh seorang guru di ruang Komite Sekolah setelah sebelumnya dilempar ke sana ke sini. Tapi guru SMPN 2 Bandung tersebut menyebutkan kalau bersekolah di SMP Negeri 2 yang bertaraf RSBI harus punya laptop yang harganya Rp5 Juta. Kemudian saya disarankan oleh guru tersebut untuk mendaftar ke SMP 7," ungkap Teti saat ditemui wartawan di rumahnya Jalan Baranangsiang Gang Kebon Pisang RT 07 RW 10 Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung, Kamis (16/6/2011).

Meski tidak ada kata-kata penolakan langsung dari pihak SMP Negeri 2 Bandung, Teti merasa harapan anaknya bersekolah di SMPN 2 Bandung kandas. Pasalnya, ia tidak mampu membeli laptop seharga Rp5 juta. Untuk itu ia mencoba menuruti saran guru SMP Negeri 2 Bandung untuk mendaftar ke SMP Negeri 7 Bandung meski lokasinya berbeda kecamatan.

"Saat mendaftar ke SMP Negeri 7 Bandung saya diterima oleh salah seorang Wakasek. Ia tidak bisa memberikan jaminan anak saya diterima namun akan tetap diproses karena lokasi rumah dengan lokasi SMP 7 berbeda kecamatan. Ya saya berharap bisa diterima di SMP 7 agar anak saya bisa sekolah," tandasnya.

One Response so far.

  1. Rintisan Sekolah Bertarif Internasional

Leave a Reply