Pencegahan Flu dan Pilek

 

Musim hujan adalah musim datangnya penyakit flu dan pilek. Banyak orang dari berbagai usia menderita kondisi ini tanpa terkecuali baik anak-anak maupun orang dewasa yang biasanya lebih pandai dalam menjaga kesehatannya. Lalu, apakah ada cara untuk mencegah flu dan pilek? Mudah-mudahan petunjuk berikut ini dapat membantu dan terbukti dalam mencegah flu.

Hal yang pertama yang harus di lakukan adalah tetap menjaga sistem kekebalan tubuh dalam keadaan sehat. Tidak keluar saat hujan tiba walaupun terkena hujan biasakan selalu cepat mencuci kepala atau rambut dengan air selain air hujan.

Kemudian untuk menghindari flu disarankan untuk tidak berbagi minum dan peralatan makan dengan orang yang sakit. Biasakan mencuci tangan dengan bersih sebelum makan. Hal ini penting untuk meningkatkan asupan vitamin C karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga dapat mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, termasuk jeruk, tomat dan brokoli. Dan juga dapat mengambil satu multivitamin per hari untuk memastikan tubuh terasupi dengan vitamin dan mineral.

Asupan air setiap hari juga harus ditingkatkan, minum air putih yang banyak. dan juga  teh herbal dan jus buah. demi mejaga kualitas tubuh yang baik dan kuat.

Tidur yang cukup dan menurunnya tingkat stres juga merupakan faktor kunci untuk pencegahan flu karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setidaknya 7-8 jam tidur malam dianggap sebagai baik dan sehat.

Reguler berolahraga memiliki efek yang menguntungkan pada kesehatan umum dan sangat membantu untuk mengurangi terjadinya flu.

Leave a Reply