Mengapa Orang Kecewa Memegang Kepalanya?

 

Maradona pun melakukannya

Jika kamu pernah menonton pertandingan sepak bola, pernah nggak memperhatikan penonton yang kecewa terus mengekspresikan kekecewaannya dengan memegang kepala dengan kedua tangannya. Tidak hanya penonton, pelatih kadangkala melakukan hal yang sama.
Entah kenapa saya jadi pengen tahu mengapa bisa seperti itu. Kadang saya juga pernah melakukan hal yang sama. Saat nonton bareng, tim kesayangan saya gagal menyarangkan bola ke gawang lawan. Sambil teriak kecewa, kedua tangan saya sudah memegang kepala saya (ya iya lah, kalo di kepala orang lain ntar dikira mau nyari kutu rambut).
Coba perhatikan saat penonton menyaksikan detik-detik bola mengarah ke gawang, tangan mereka mulai bergerak ke atas. Jika bola masuk ke gawang, maka mereka akan bersorak sorai sambil mengangkat tangannya ke atas dan terkepal. Itulah barangkali mengapa seorang pemenang digambarkan dengan orang yang berdiri gagah dengan tangan mengepal ke atas.
Nah, jika bola gagal bersarang ke gawang, kedua tangan mereka tidak jadi mengepal ke atas, tapi memegang kepalanya (seperti mengusap rambut begitu), apakah ini artinya ekspresi untuk menetralisir rasa kecewanya? Entahlah, saya belum menemukan jawabannya.
Ngomong-ngomong soal ekspresi, masih banyak bentuk ekspresi yang dilakukan orang dengan memegang anggota tubuh yang lain, misalnya:
memegang/menyentuh kening, biasanya orang yang memegang/menyentuh kening bermakna lupa sesuatu dan mencoba memikirkan sebuah solusi atau bisa juga karena lagi sakit kepala atau (jadi kebanyakan atau) mau bilang “cape deh…”
Memegang/menyentuh bokong, biasanya ekspresi seperti ini terjadi pada orang yang lupa bawa dompet, dia akan memegang-megang bokongnya sendiri memastikan apakah dompetnya masih terselip di area tersebut.
Memegang/menyentuh (maaf) kemaluan, ini biasanya terjadi pada pemain bola yang khawatir tendangan lawan mengenai benda paling berharga. Karena akan sangat berbahaya bila benda ajaib ini dihantam bola, entah bagaimana nasibnya kelak.
pagar betis yang aneh 
Memegang/menyentuh hidung, biasanya ini terjadi pada orang yang tiba-tiba mencium bau tidak sedap yang bukan berasal dari dirinya. Contohnya banyak kok: misalnya kentut dan berbagai jenis bangkai, gak termasuk bangkai mobil ya…
Memegang/menyentuh mulut, jarang sih orang mengekspresikan diri dengan memegang mulutnya, kecuali orang yang meredam ketawa terbahaknya di keheningan malam. Takut kena lempar tetangga sebelah karena dianggap mengganggu kenyamanan orang tidur.
Memegang/menyentuh dada, tentu saja dada sendiri, ini biasanya terjadi pada seseorang yang terkena serangan jantung tiba-tiba.
Menutup wajah dengan kedua tangan, ini merupakan ekspresi ketakutan, bisa jadi karena melihat hantu, melihat sesuatu yang mengerikan atau karena nonton film horror dan biasanya dilakukan kaum hawa, lain dengan kaum adam, mereka menutup wajahnya karena kecewa.
Banyak lagi bentuk-bentuk ekspresi orang yang muncul secara spontan dengan memegang anggota tubuhnya, ada yang mau menambahkan?

http://m4rp4un6.wordpress.com

Leave a Reply