7 Tips Agar Tak Benci Diri Sendiri

 

Ada banyak hal yang harus dihadapi di dalam kehidupan. Apakah Anda termasuk yang peduli akan penampilan Anda di depan orang lain? Mereka yang membenci bentuk tubuhnya hanya akan menyulitkan diri mereka sendiri. Beberapa orang berubah untuk membahagiakan orang lain dan beberapa berubah untuk kebaikan mereka sendiri. Apapun yang membuat Anda lebih bahagia, lakukanlah. 

Berikut adalah 7 tips yang dapat membuat Anda berhenti membenci diri sendiri. Semoga dengan mengaplikasikan tips ini Anda akan merasa lebih baik akan diri Anda mulai saat ini dan seterusnya. Hidup terlalu singkat untuk Anda habiskan mengkuatirkan bagaimana penampilan Anda di hadapan orang lain.

1. Terimalah Apa Yang Anda Pandang Di Cermin

Terkadang Anda tidak suka dengan apa yang Anda lihat ketika memandang cermin. Sangat penting bagi Anda untuk menyukai diri Anda sendiri dan semua yang Anda pandang di cermin di hadapan Anda. Jika Anda tidak menyukai diri Anda sendiri, maka akan lebih sulit bagi Anda untuk berhenti membenci rupa Anda. Tonjolkan bagian mana yang Anda sukai dan lihatlah apakah Anda benar-benat ingin berubah untuk diri Anda sendiri atau untuk menyenangkan orang lain.

2. Olahraga

Anda akan takjub melihat betapa lebih baiknya Anda merasa setelah Anda mulai berolahraga. Bahkan hanya dengan berjalan kaki 15-20 menit setiap sore mampu membangkitkan energi dan meningkatkan mood Anda. Olahraga baik untuk jantung Anda, membantu Anda tidur lebih baik di malam hari, dan membakar kalori berlebih. Jika Anda mengkuatirkan masalah berat badan, gabungkan beberapa aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda merupakan cara bagus untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Carilah teman yang dapat Anda ajak olahraga bersama-sama sehingga Anda memiliki partner untuk melakukannya.

3. Carilah Bantuan Dari Luar Jika Dibutuhkan

Jika Anda benar-benar tidak memiliki waktu dan telah mencoba segala macam hal yang dapat Anda bayangkan, carilah bantuan dari luar. Mungkin dengan berbicara kepada seorang konselor atau dokter mengenai apa yan Anda rasakan mengenai tubuh Anda dapat mebantu. Kelompok dukungan juga hadir untuk berbagai macam kasus: berat badan, harga diri yang rendah, dan gangguan makan merupakan beberapa di antaranya.

4. Kelilingi Diri Anda Dengan Teladan Yang Positif

Bergaullah dengan mereka yang mendukung Anda dan menerima Anda apa adanya. Bergaul bersama mereka akan membangun ikatan dalam hidup Anda yang dapat Anda ajak bicara tentang bagaimana perasaan Anda. Carilah teman yang memiliki kepercayaan diri atas tubuh mereka dan dapat membantu Anda menghadapi pandangan negatif yang Anda miliki mengenai tubuh Anda. Mereka pasti memiliki perasaan yang sama dengan yang Anda miliki dan dapat membantu Anda mengubah pandangan Anda.

5. Berikan Perhatian Khusus Pada Bagian Tubuh Yang Anda Sukai

Apakah mata Anda sering dipuji orang lain? Pakaikan eye liner yang dapat menonjolkan mata Anda. Apakah para wanita mengomentari betapa bersinar dan indahnya rambut Anda? Maka berhentilah menguncir rambut Anda dan biarkan tergerai. Pilihlah bagian tubuh yang Anda sukai secara fisik dan tonjolkanlah keluar. Tidak harus berupa ciri fisik. Anda bisa saja memiliki kepribadian ceria yang membuat orang lain bahagia. Menjadi sukarelawan di sebuah panti jompo untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Mereka yang berada di panti jompo sangat butuh untuk terhubung dengan seorang yang ceria. Banyak dari mereka yang terjebak di sana tanpa keluarga dan pengunjung yang menghibur mereka.

6. Mengabaikan Pesan Media Yang Mencekoki Anda Dengan Penampilan Sempurna

Media mengisi kepala para wanita dengan beragam ide tentang bagaimana mereka “seharusnya” terlihat. Anda tidak harus mendengarkan itu semua. Anda mungkin memiliki teman yang lebih tinggi dan lebih ringan dari Anda, tapi pertimbangkan bagaimana tubuh Anda dibangun. Mungkin teman Anda memiliki bentuk tubuh yang tipis dan panjang sedangkan tubuh Anda lebih berotot. Otot lebih berat daripada lemak. Hanya karena Anda lebh pendek tidak berarti Anda harus lebih ringan darinya. Anda mungkin berpikir kaki Anda terlalu besar atau payudara Anda terlalu kecil. Perbedaan itu indah. Dunia akan menjadi tempat tinggal yang membosankan jika semua orang memiliki pinggang kecil, kaki kecil dan payudara besar.

7. Memutuskan Untuk Mengubah Kebiasaan Yang Menyehatkan 

Konsumsilah makanan sehat dan Anda akan merasa jauh lebih baik. Anda tahu pepatah yang mengatakan, “Anda adalah apa yang Anda makan” dan itu benar adanya. Mengkonsumsi makanan junk food yang tidak memiliki nutrisi hanya membuat Anda merasa senang untuk sesaat, tapi dapat membuat Anda sakit perut atau memiliki energi rendah yang berasal dari kalori yang tidak substansial. 

Pastikan agar buah-buahan, sayur-mayur dan biji-bijian termasuk ke dalam pola makan Anda. Pastikan untuk mendapatkan protein yang cukup untuk menjaga otot Anda tetap kuat. Mulailah dengan perlahan dan upayakan untuk mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

Ketujuh tips untuk berhenti membenci diri sendiri ini hanyalah saran yang berhasil dilakukan banyak orang. Jika Anda tahu tips lainnya yang dapat membantu Anda dan orang lain yang Anda kenal, jangan ragu untuk berbagi.

Leave a Reply