mungkin
kakek nenek kita menyesal mereka lahir terlalu cepat. mereka tak bisa
merasakan hingar-bingar generasi y yang sekarang bisa menikmati mudahnya
menjadi seleb. di era web 2.0 ini fasilitas untuk menuju seleb secara
instant tersedia.
dulu sebelum ada internet,
seseorang sangat sulit untuk mencapai popularitas. satu-satunya cara
untuk terkenal adalah melalui event lomba, kejuaraan dengan prestasi
cemerlang.
sebaliknya sekarang, di jaman
yang serba terhubung ini, internet begitu banyak menyediakan aplikasi
untuk mencapai popularitas. misalnya lewat sosial media: blog, forum,
podcast, youtube, linkedIn, foursquare, koprol, twitter dan lainya.
andy warhol pernah mengatakan,
“kelak setiap orang akan menikmati popularitas hanya dengan berusaha
selama 15 menit”. dan apa yang dikatakan seniman pop amerika itu pun
terbukti.
masih ingat banyak orang yang
sebelumnya bukan siapa-siapa namun tiba-tiba menjadi selebritas yang
diperbincangkan banyak orang dan menjadi headline media-media nasional?
awal november tahun lalu, evan
brimop memposting status di facebooknya “Polri gak butuh masyarakat…
tapi masyarakat yang butuh Polri… Maju terus kepolisian Indonesia, telan
hidup-hidup cicak kecil”. kontan status itu menyulut kemarahan seluruh
masyarakat indonesia. dan evan pun tak sampai lima belas menit menjadi
terkenal.
pertengahan februari lalu, rana
dan marsha dua abege itu tiba-tiba diperbincangkan di social media.
bahkan dua nama ini sempat menjadi trending topik di twitter. sebabnya,
rana memposting yang isinya menghina para pengguna blackberry. dia
menyebut pengguna gadget yang sedang naik daun ini sebagai alay (sebutan
untuk orang yang dianggap kampungan).
sedangkan marsha, menjadi seleb
dadakan karena ia menghina dan menjelek-jelekkan sekolah negeri dan
internasional.
pada bulan yang sama, sosok
ririn dumin mencuat. perempuan 22 tahun ini mengupload videonya yang
menunjukkan, dia ingin menjadi bintang iklan. “nah, ririn tuh mau
nunjukin ke semuanya, dalam 20 hari, ririn bisa jadi bintang iklan,”
katanya. selain lewat video, dia juga membuat blog, memanfaatkan twitter
dan facebook. meski belakangan ketahuan, “akting” ririn dumin itu
adalah iklan.
baru-baru ini sinta dan jojo
sempat mencuri perhatian karena lagunya keong racun. duo penyanyi ini
menjadi buah bibir di social media karena dia melakukan lipsync. rupanya
dia ingin mengikuti jejak duo moymoy palaboy yang lebih dulu tenar
karena kelebay-annya. usahanya itu berhasil, lagu keong racun ditonton
20.060 pemirsa di youtube.
yang paling fenomenal mungkin
adalah raditya dika. awalnya dia “hanya” blogger yang menuliskan
pengalaman lucunya di sebuah blog. ternyata postingan-postingan itu
menarik para pembaca. kemudian postingan itu dibukukan, laris manis.
selanjutnya dibuat film dengan judul sama : kambing jantan. bahkan film
keduanya sekarang sudah mulai digarap.
dalam waktu singkat, laki-laki
penyuka futsal ini menjadi seleb. selain menjadi penjadi penulis ia juga
menjadi aktor dan pembicara di seminar-seminar. di twitter ia mempunyai
ratusan ribu follower. karena kesuksesannya itu ia memperoleh julukan
personal marketter. konon sekali ngetwit ia dibayar 1,5 juta rupiah.
jadi menjadi tenar di era sosial
media ini cukup mudah. sisihkan waktu 15 menit kalian untuk berusaha.
masalahnya sekarang adalah, ingin tenar sebagai apa?
http://ujung-bumi.blogspot.com/2010/07/hanya-perlu-waktu-15-menit-untuk.html
http://ujung-bumi.blogspot.com/2010/07/hanya-perlu-waktu-15-menit-untuk.html