Perang Cyber Indonesia Vs Malaysia Jelang Final Piala AFF

 


blog-apa-aja.blogspot.com
Final pertama Piala AFF 2010 antara Malaysia versus Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil baru akan berlangsung Minggu, 26 Desember 2010. Namun, pendukung fanatik kedua tim sudah terlebih dahulu 'bertempur' melalui situs jejaring sosial YouTube.

Meskipun sebagian ada yang menggunakan kata-kata vulgar, ada juga yang memberi komentar secara positif dalam menyatakan dukungan kepada tim negara masing-masing.

Di Youtube, seorang pendukung Indonesia yang menggunakan nama samaran ilenization, misalnya, mengatakan Malaysia berhasil masuk final setelah menundukkan Vietnam 2-0 di Stadion Nasional Bukit Jalil, karena dibantu oleh suporter yang mengarahkan sinar laser ke arah kiper Vietnam, Bui Tan Truong.

Suporter Malaysia tak kalah sengit menyerang: Indonesia melaju ke final hanya karena para pemain impor Cristian Gonzales yang lalu diberi status warga negara.

"Apa yang mesti dibanggakan, Indonesia menggunakan pemain impor. Lebih bangga dengan Malaysia ke final karena menggunakan 100 persen pemain lokal. Hidup Malaysia!" kata seorang suporter seperti diberitakan Utusan Online.

Namun, ada juga suporter dari kedua negara yang lebih berkepala dingin. Mereka menyerukan agar para pendukung berhenti saling menghujat dan mengejek dengan kata-kata vulgar. Mereka meminta agar sesama pendukung saling memberikan semangat kepada masing-masing tim nasional dengan cara yang lebih sportif.

Malaysia masuk final Piala Suzuki AFF setelah menyingkirkan juara bertahan, Vietnam, dengan agregat 2-0. Sedangkan Indonesia mengalahkan Filipina juga dengan hasil sama.

Final pertama akan diadakan di Stadion Nasional Bukit Jalil. Leg final ke-2, untuk menentukan tim mana yang akan menyandang gelar juara AFF 2010, akan diadakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 29 Desember mendatang.

One Response so far.

Leave a Reply