Seluruh Tahanan di Penjara Afsel Bakal Disunat

 

JOHANNESBURG - Dinas Kesehatan Afrika Selatan berencana untuk melakukan khitan terhadap seluruh tahanan pria. Upaya ini dilakukan untuk menanggulangi penyebaran virus HIV di antara para tahanan.
Dinas Kesehatan di wilayah Kwazulu Natal, salah satu wilayah yang penyebaran penyakit AIDS paling tinggi di Afrika Selatan, menargetkan akan mengkhitan sekira 2,4 juta tahanan yang ada di wilayah itu. Sunatan massal itu akan dilakukan berkala hingga Juni 2014 mendatang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (29/10/2010), Kepala Dinas Kesehatan di Wilayah Sibongiseni Dhlomo mengatakan, jika 148 tahanan telah dikhitan di dalam sebuah penjara. 


Khitan atau sunat pada laki-laki dianggap sebagai langkah awal pencegahan atas penularan virus HIV. Tahun lalu, Raja Zulu Goodwill Zwelithini menerapkan kembali tradisi yang sebelumnya terlupakan di masyarakat Zulu. 

Kini prosedur khitan dilakukan secara klinis di rumah sakit. Warga Afsel kini mulai meninggalkan metode tradisional yang sebelumnya digunakan oleh para suku di beberapa wilayah negeri tersebut.  
http://international.okezone.com/read/2010/10/29/18/387900/seluruh-tahanan-di-penjara-afsel-bakal-disunat

Leave a Reply